Beranda
Detil Berita
Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik
Superman
2025-08-22 08:35:58
Ingatkan Prosedur Respon Aduan, Diskominfo Pastikan Admin Gerak Cepat dan Ramah
Ingatkan Prosedur Respon Aduan, Diskominfo Pastikan Admin Gerak Cepat dan Ramah

Kamis (21/8) Diskominfo Kota Semarang menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi admin pengaduan Lapor Semar Solusi AWP. Kegiatan yang dihadiri oleh 68 orang admin pengelola layanan Lapor Semar Solusi AWP ini bertujuan untuk memonitoring kendala pelayanan sekaligus mengevaluasi kinerja admin pengelola.

Kepala bidang pengelolaan informasi dan saluran komunikasi publik, Arya, mengulas kembali prosedur respon aduan yang harus dilaksanakan dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik Lapor Semar Solusi AWP. Menurutnya, pelayanan yang selalu berpedoman pada standar operasional prosedur akan berjalan dengan baik dan mendapat kepercayaan publik yang tinggi.

“Masyarakat selalu mengharapkan solusi dan tindak lanjut dari aduannya. Berikan respon aduan terbaik karena setiap respon yang diberikan akan selalu dikenang oleh masyarakat,” ujarnya.

Sesuai dengan prosedurnya, pengaduan yang dilaporkan melalui kanal resmi Lapor Semar Solusi AWP direspon maksimal dalam waktu 24 jam dan diselesaikan maksimal dalam waktu 10 hari. Selama kurun waktu tindak lanjut tersebut, pelapor akan mendapatkan laporan progress tindak lanjut melalui kanal whatsapp yang terdaftar.

Tak hanya respon yang cepat, kualitas layanan pengaduan juga dinilai dari respon yang ramah kepada pelapor. Pasalnya, Lapor Semar Solusi AWP bukan hanya sekadar aplikasi yang tak punya rasa, melainkan sebagai sahabat masyarakat.

“Kita harus bisa menjadi jembatan komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah yang siap memperbaiki pelayanan publik yang kurang optimal,” tandas Arya.

Merujuk pada standar operasional prosedur yang ada, upaya peningkatan pelayanan didukung pula dengan mengoptimalkan koordinasi antar perangkat daerah dalam menangani pengaduan secara kolaboratif dan menyelesaikannya hingga tuntas.

Apresiasi diberikan kepada seluruh admin pengelola layanan Lapor Semar Solusi AWP atas kinerja dan tanggungjawab yang telah dilaksanakan dalam pengelolaan pengaduan di Kota Semarang. Kali ini, penghargaan ditujukan kepada Admin pengaduan Kecamatan Banyumanik yang selama tiga bulan berturut-turut menjadi pengelola aduan terbaik di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, yakni memberikan respon cepat, ramah, dan tuntas.

Setidaknya, dalam periode caturwulan II ini, sejumlah 2719 pengaduan pelayanan publik diterima melalui kanal pengaduan Lapor Semar Solusi AWP dengan prosentase respon tindak lanjut 100%.

Link Terkait